Bagaimana sejarah pesawat F-5 E/F Tiger?

F-5A/B Freedom Fighter dan F-5E/F Tiger merupakan jenis pesawat tempur supersonik yang ringan dan dirancang serta diproduksi oleh Northrop, Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Pesawat ini masih dipakai oleh angkatan udara di berbagai negara sampai abad ke-21. Pesawat , dan pesawat F-5A/B Freedom Fighter dan F-5E/F Tiger juga menjadi dasar untuk pengembangan beberapa pesawat lainnnya. Produksi pesawat F-5A dan F-5E berakhir pada tahun 1972 dan 1987.

Pengembangan pesawat ini berawal sebagai pesawat tempur ringan Northtrop yang dibiayai oleh swasta, pada tahun 1950-an. Generasi pertama F-5 Freedom mulai dipakai pada tahun 1960-an. Sampai 1972, lebih dari 800 pesawat diproduksi untuk negara sekutu Amerika Serikat pada Perang Dingin, sementara Angkatan Udara Amerika Serikat membeli sekitar 1100 pesawat.

Generasi kedua, keluarga F-5E Tiger II, juga banyak digunakan oleh negara sekutu Amerika Serikat, dan di Amerika Serikat sendiri dipakai sebagai pesawat latih tempur. Jumlah pesawat Tiger yang diproduksi sampai tahun 1987 mencapai 1400 buah. Pesawat F-5 yang masih dipakai sampai tahun 1990-an dan 2000-an telah melalui banyak modifikasi pembaruan. Untuk gambar ilustrasi pesawat pesawat F-5 E/F Tiger dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Gambar pesawat F-5 E/F Tiger

Pada Pesawat F – 5 E/ F Tiger mempunyai radar yang digunakan untuk mempermudah pilot dalam mencari dan menyerang target lawan secara cepat, tepat, mudah dan aman. Radar yang digunakan pada pesawat ini yaitu Radar AN/APQ-159.  Komponen pada Radar AN/APQ-159 terdiri dari Antenna unit, Processor unit, Indicator unit, dan radar set control unit serta power supply unit khusus pesawat F-5F (double seat). Penulisan nama radar AN/APQ-159 dengan  arti AN untuk menyatakan Army Navy (darat laut), APQ untuk menyatakan Airborne radar dengan spesifikasi senjata pesawat tempur, dan 159 untuk menyatakan Nomor urut pembuatan (dari pabrik). Spesifikasi dari Radar AN/APQ – 159 yaitu

Power supply                    : 28 VDC, 115 VAC, 3 Phase, 400Hz.
Power output                   : 65.000 watt
Frequensi                         : 9,3 GHz
Frequensi agility              : 100 MHz
Intermediate frequensi    : 60 MHz
Tekanan wave guide        : 16 Psi
System pendingin             : AC dari pesawat terbang


Untuk Diagram Blok dari Radar ini dapat dilihat pada gambar berikut ini: 
Diagram Blok untuk radar AN/APQ – 159

Antenna mengirim sinyal dari transceiver kemudian dikirimkan oleh processor setelah itu processor mengirimkan sinyal ke A/C LCOSS untuk mendapatkan sinyal tersebut lalu dikembalikan pada processor setelah itu processor mengirimkan sinyal yang menuju  antenna lalu processor mengolah data tersebut setelah itu data tersebut akan ditampilkan pada indicator FWD untuk mengukur jarak serta arah dan kecepatan/ percepatan. Processor menerima data dari RSC berguna untuk mendapatkan target lawan setelah itu processor mengirimkan sinyal pada power supply coupler untuk menampilkan target lawan pada indicator AFT.


Demikian artikel tentang sejarah pesawat F-5A/B Freedom Fighter semoga bermanfaat. Untuk penjelasan lebih detail pada masing-masing diagram blok akan saya post di artikel selanjutnya.        

Bagaimana sejarah pesawat F-5 E/F Tiger? Bagaimana sejarah pesawat F-5 E/F Tiger? Reviewed by Unknown on 2/08/2019 01:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.