Mengenal Komponen dan struktur dari VOR

1.1              Komponen Sistem Navigasi VOR
Pada system navigasi VOR terdiri dari bagian pengirim dan bagian penerima. Pada bagian pengirim terdiri dari antenna pengirim dan rangkaian transmitter, sedangkan pada bagian penerima (pada pesawat) terdiri dari control unit, indicator dan antenna penerima.

1.1.1        Komponen Sistem VOR pada bagian penerima (di pesawat terbang)
  1. Receiver


Receiver VOR dengan merk collins
Receiver memiliki rangkaian yang bertugas untuk menerima sinyal frekuensi, decoding, dan memproses informasi arah berupa bearing yang diransmisikan oleh VOR ground station. Di dalam receiver juga terdapat rangkaian self-monitoring yang berfungsi untuk mengkonfirmasi/validitas dari sinyal yang diterima dan reliabilitas dari informasi bearing yang dikirim ke indikator VOR. Dalam receiver VOR, terdapat beberapa rangkaian yang digunakan bersamaan dengan ILS (marker beaconlocalizer, dan glide slope). Hal ini dikarenakan beberapa system tersebut memiliki rangkaian yang sama, sehingga dapat menggunakan beberapa komponen rangkaian secara bergantian.
1.      Control Unit
Control Unit VOR NAV
Pada komponen ini, digunakan untuk fungsi dasar pemilihan frekuensi VHF yanmenyediakan rangkaian control dan switching untuk sistem navigasi very high frequency (VHF). Salah satu contoh dari control unit dapat dilihat dalam gambar di bawah ini. 
1.      Display VOR
Indikator CDI
Banyak tipe indikator VOR yang digunakan, namun pada dasarnya semua tipe indikator VOR memilliki kesamaan pada pengoperasian dan penafsirannya. Tampilan khusus biasanya mengacu pada  Omni Bearing Indicator (OBI) atau atau Course Deviation Indicator (CDI). Saat ini informasi navigasi VOR digabungkan kepada indicator display yang lain, seperti Horizontal Situation Indicator (HSI). Arah terbang pesawat dibaca melalui panah penunjuk yang dapat berotasi menunjukan sudut bearing pada azimuth card. Sebagian besar dari indikator menampilkan arah dengan memutar azimuth card yang besarannya dibaca dalam satuan derajat. Indikator juga dapat menampilkan informasi jarak (ke ground station) dan deviasi dari glideslope atau localizer. Indikator ini digunakan dalam sistem navigasi bergantung pada sistem yang digunakan dan preference dari pengguna. Indikator juga digunakan untuk menampilkan tanda peringatan (warning flag) atau isyarat yang mengindikasikan kondisi yang tidak valid dari data yang ditampilkan ke pilot.
Jarum vertical CDI dapat bergerak ke kanan atau kiri sesuai indikasi secara vertikal dengan poros di bagian atas. Ada lima titik di setiap sisi kanan dan kiri dari titik tengahnya. Setiap titik mewakili posisi 2° terhadap rute sebenarnya.  Pada CDI, terdapat empat komponen penting yaitu :
a. Rotating Course Card yaitu indicator yang menampilkan sudut dari 0 sampai 360. Indikator ini dapat berputar sesuai dengan posisi pesawat terhadap VOR station.
b. Omni-Bearing Selector (OBS) digunakan untuk memutar course card secara manual. Tombol OBS diaktifkan untuk membawa bearing yang sudah dipilih pada skala kompas ke indicator.
c. Jarum penunjuk CDI dapat berayun ke kanan atau ke kiri mengindikasikan kesesuaian posisi pesawat pada tujuan. Saat jarum bergerak ke kiri, pesawat harus bergeser ke kiri, dan sebaliknya. Saat jarum penunjuk berada di tengah, barati pesawat sudah sejajar dengan tujuan.
d. TO-FROM Indicator menunjukan kepada pilot bahwa bearing yang sudah ditentukan akan membawa pesawat menuju atau meninggalkan VOR station.
1.      Antena          
Antena V-shaped VOR
Antenna yang digunakan dalam VOR memiliki dua tipe, yaitu antenna tipe bat-wing dan tipe vee-dipole. Salah satu contoh antenna VOR dapat dilihat pada gambar di bawah.


1.1.2        Komponen Sistem VOR pada pengirim/Ground Station

Pada bagian pengirim terdapat antenna transmitter dan antenna array. Pada system ini modulasi yang digunakan yaitu AM (amplitude modulasi). Dengan frekuensi pembawa 108 MHz sampai 117.95 MHz. Untuk prinsip kerja VOR dapat dilihat pada artikel ini.
  1. Transmitter

Pada komponen ini, transmitter mengirimkan sinyal radio pada frekuensi 108 MHz sampai 117.95MHz dengan pengiriman dua sinyal radio yang terpolarisasi horizontal. Sinyal dikirimkan yang pertama termodulasi 30Hz  disebut sinyal referensi sedangkan sinyal yang lain disebut sinyal variable. Pada pengiriman kedua sinyal ini, mempunyai fase yang sama atau sefase. Sinyal ini diproduksi oleh transmisi dari loop yang berotasi 30 putaran per detik bersamaan dengan non-directional transmitter.
Karena prinsip pengiriman sinyal pada VOR secara rotasi, maka  perbedaan fase akan terjadi dan terdapat nilai radialnya seperti pada artikel sebelumnya.
  1. Antenna Array

Antena memancarkan sinyal dari transmitter sampai ketinggian 60° sampai 80° terhadap sumbu vertikal. Pada daerah radiasi VOR di ground station terdapat daerah yang kosong bahkan tidak mendapatkan pancaran radiasi dari antenna tersebut. Daerah tersebut berbentuk kerucut yang terbalik seperti yang ditampilkan pada gambar. Jika pesawat terbang di daerah tersebut, maka tidak akan mendapatkan sinyal. Untuk menentukan posisi dengan tepat sangat sulit, yang dibutuhkan adalah mengkonfirmasi station yang bersangkutan. 
Daerah radiasi VOR ground station
1.2    Struktur Sinyal VOR
Struktur sinyal variable dan sinyal referensi
Sinyal  yang  di  transmisikan  VOR  ground  station  berupa  dua  sinyal termodulasi dengan frekuensi yang sama 30HZ, yaitu sinyal variable dan sinyal referensi. Sinyal referensi berupa arah utara dan diartikan sebagai 0, lalu sinyal variable yaitu yang di tembakan ke segala arah (omnidireksional). Kedua sinyal tersebut akan diterima dan dibandingkan besar fasanya. Dari perbandingan besar fasa tersebut dapat diketahui besar fasa dari sinyal variable tersebut.
Ilustrasi tampilan indikator VOR pada pesawat terhadap lokasi VOR ground station
1.2         Blok Diagram Sistem
Diagram blok sistem VIR-32 receiver

1.2         Tampilan Dari Hasil Pemrosesan Sinyal dari VOR Receiver
Display dari PFD yang berisikan indikator-indikator yang diproses oleh VOR receiver
ND display yang menampilkan indikator VOR,LOC dan GS
Demikian artikel tentang komponen dan struktur dari VOR 
Mengenal Komponen dan struktur dari VOR Mengenal Komponen dan struktur dari VOR Reviewed by Catur Budi Waluyo on 2/08/2019 01:01:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.